Tuesday, November 24, 2015

Gereja Velangkani, Gereja Berbentuk Kuil Hindu di Kota Medan



Gereja Velangkani

Di kota Medan ada sebuah gereja Katolik yang sangat unik, yaitu Gereja Graha Maria Annai Velangkani. Disebut unik karena bentuknya seperti kuil Hindu yang ada di India bukan seperti bentuk gereja pada umumnya.







            Alamat dan Sejarah Pembangunan
Gereja yang terletak di Taman Sakura Indah, Jl. Sakura III No. 10, Tanjung Selamat – Medan, Sumatera Utara ini dibangun mulai dari tahun 2001 dan selesai pada tahun 2005. pembangunannya digagas oleh Pastor James Bharata Putra SJ dan diresmikan oleh Uskup Medan. Karena gereja ini dibangun oleh pendatang dari Tamil, India Selatan yang menganut agama Katholik sehingga bentuk gereja Katolik ini berbentuk seperti kuil Hindu di India.
Bagian depan gereja
Arsitektuk Gereja
Bangunan utama dari gereja Velangkani berbentuk menara yang terdiri dari dua tingkat. Lantai dasarnya dijadikan sebagai aula dan lantai atas dipakai sebagai ruang ibadah. Pada dinding-dinding gereja, terdapat relief-relief yang menceritakan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Kemudian kubah gereja ini berjumlah tiga yang melambangkan konsep ketuhanan Trinitas dalam agama Katolik yaitu Allah, Yesus dan Roh Kudus. Sedangkan menaranya yang terdiri dari tujuh jenjang melambangkan tujuh tingkatan surga.
kubahnya tiga buah
Menaranya tujuh jenjang
Saya di depan gereja

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)