Monday, September 21, 2015

Bendungan Sigura-Gura



Bendungan Sigura-Gura
Bendungan Sigura-Gura adalah bendungan terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami yang berfungsi untuk menjamin ketersediaan volume air dan besarnya energi air yang diperlukan bagi pembangkit tenaga listrik di PLTA Sigura-Gura. bendungan ini terletak 23,3 km dari hulu Sungai Asahan (Danau Toba), atau 1 km di hilir Air Terjun Sigura-Gura.
Sejarah Pembangunan
Bendungan Sigura-Gura mulai dibangun pada bulan Mei 1978 dan selesai bulan Desember 1981, Bendungan Sigura-Gura berjenis struktur Beton Gravity dengan tinggi bendungan 46 meter dari dasar Sungai Asahan. Bendungan yang dibangun oleh Jepang ini digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk Pabrik Aluminium (INALUM).
Keindahan alamnya
Di belakang bendungan ini terbentuk Danau Bendungan Sigura-Gura yang airnya berwarna hijau toska. Permukaannya airnya pun sangat tenang. Sementara itu, di sekelilingnya terdapat tebing-tebing bukit barisan yang mengapit danau bendungan ini. Di kejauhan juga terlihat beberapa air terjun yang alirannya airnya langsung masuk ke dalam Danau Bendungan Sigura-Gura.
Danau Bendungan Sigura-Gura
Akses lokasi
Danau Bendungan Sigura-Gura biasanya menjadi objek wisata dadakan pada saat hari-hari besar. Untuk menuju tempat ini bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan dari Kota Kisaran. Akses jalannya pun cukup bagus, meskipun kita harus ekstra hati-hati karena jalanannya penuh dengan tanjakan dan tikungan. Sebab kita harus menerobos Pegunungan Bukit Barisan untuk mencapai bendungan ini. Di sepanjang perjalanan mata kita juga akan dimanjakan keindahan alam ciptaan tuhan. Apalagi saat kita berada di atas Bukit Barisan. Pemandangan jalanan berkelok dan lembah yang ada di bawah sangat indah, memanjakan mata kita.
Pegunungan Bukit Barisan

Saya berfoto di depan Bendungan Sigura-Gura

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)