Friday, March 21, 2014

Istana Niat Lima Laras Peninggalan Sejarah Batu Bara



Istana Lima Laras

Tidak hanya Istana Maimun, Sumatera Utara juga memiliki Istana Kerajaan yang telah berusia di atas 100 Tahun yaitu Istana Niat Lima Laras. Istana Lima Laras terletak di desa laras, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Istana yang berada di atas tanah seluas 102 x 98 meter ini dibangun oleh Datuk Matyoeda, Raja Kerajaan Lima Laras XII pada tahun 1907 dan selesai 1912.
Perjalanan menuju Istana Niat Lima Laras saya lakukan bersama sahabat saya, Bayu. Kami mengendarai sepeda motor. Karena angkutan hanya sampai di Kota Batubara saja. Saya pikir mudah menemukan istana ini. Ternyata cukup sulit karena lokasinya di pinggir kota.
Semula istana ini bernama Istana Niat, karena rencana pembangunannya berdasarkan niat Matyoeda untuk mendirikan sebuah istana untuk kerajaan itu apabila perdagangannya berhasil dan tidak diganggu oleh Belanda.


Pembangunan Istana ini dikerjakan oleh tenaga ahli yang didatangkan dari China. Hampir keseluruhan bangunan istana berarsitektur Melayu, terutama pada model atap dan kisi-kisinya. Tetapi ada juga beberapa bagian istana yang berornamen China. Tepat didepan istana Lima Laras, kita akan melihat dua buah meriam. Namun yang uniknya, meriam ini bukan digunakan untuk menembak musuh, melainkan untuk mengumpulkan rakyat apabila ada pengumuman dari raja.
Meriam di depan Istana
Istana Lima Laras
Sayangnya perhatian pemerintah masih kurang terhadap istana ini. Karena keadaan istana cukup kurang terawat sehingga tidak begitu mengundang minat wisatawan untuk mengunjunginya.
Alamat : Desa laras, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara
Wisata di sekitarnya:
> Pantai Bunga
> Pantai Bogak  

2 comments:

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)