Tuesday, October 15, 2019

Candi Lumbung

Hai... Hai... sahabat backpacker... 
Candi Lumbung
Seperti yang ku ceritain kemarin, saat aku dan adikku keluar dari komplek Candi Prambanan, kami melihat peta taman wisata dan plang yang bertuliskan Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Sewu dengan jarak hanya ratusan meter doang dari Candi Prambanan.
Peta Taman Wisata Candi Prambanan
Tentu aja aku tergiur untuk ngeliat tuh candi, udah gitu, sayang banget ada tempat menarik yang begitu dekat tapi kagak dikunjungi. Tapi jarak beberapa ratus meter tuh lumayan juga sih kalo jalan kaki.

Syukurnya di dalam komples Taman Wisata Candi Prambanan ini menyediain transportasi buat keliling-keliling komplek. Yang pertama ada kereta-kereta apian alias odong-odong. Enak sih, kita tinggal duduk aja, tapi nggak enaknya, waktu singgahnya terbatas dan harus nungguin jadwal.

Terus satu lagi ada penyewaan sepeda. Enaknya kita bisa bebas mau keliling-keliling, tapi nggak enaknya ya pake tenaga sendiri. Kedua transportasi ini biayanya cuma Rp. 15.000 doang.

Kami pun milih nyewa sepeda aja, soalnya seru juga tuh sepedaan di dalam komplek Taman Wisata Candi Prambanan, apalagi kawasannya juga rindang. Lets go...
Pake sepeda di Taman Wisata Candi Prambanan

Jalanannya rindang
Setelah mengayuh beberapa jauh, kami sampe juga di Candi Lumbung.

Sejarah Candi Lumbung

Candi Lumbung ini adalah salah satu komplek Candi Budha yang ada di Taman wisata Candi Prambanan. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi dan satu periode dengan pembangunan Candi Sewu yang letaknya tak begitu jauh dari candi ini dan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno.
Papan informasi Candi Lumbung

Arsitektur Candi Lumbung

Candi ini dinamain Candi Lumbung karena bentuk candinya mirip lumbung, alias tempat penyimpanan padi. Katanya sih gitu.

Komplek Candi Lumbung terdiri dari satu candi induk dengan 16 candi perwara. Bangunan candi induk berbentuk poligon dan memiliki tinggi 2,5 meter. Di ruangan dalam candi induk terdapat 9 relung tempat penyimpanan arca, tapi saat ini arcanya udah nggak ada lagi. Di dinding candinya terukir relief gambar laki-laki dan perempuan. Atap candi utamanya udah runtuh tapi diperkirakan bentuk atap candinya berupa stupa runcing, mirip stupa candi perwira.
Candi Lumbung

Candi Perwara di Candi Lumbung

Candi Perwara

Relung di Candi Lumbung

Atap Candi Lumbung yabg runtuh

Arca di Candi Lumbung
Lokasi Candi Lumbung

Candi Lumbung ini berada di dalam Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, sekitar 300 meter ke utara Candi Prambanan. Alamatnya ada di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Selesai menikmati kerennya peninggalan masa lalu ini, kami kembali menggoes sepeda menuju tempat selanjutnya. Lets go...
Adikku di Candi Lumbung

Si ganteng yang unyu di Candi Lumbung

14 comments:

  1. di dalam candi prambanan ini ada 3 candi kecil dan aku belom ke sana sama sekali. entah keburu mager entah panasnnya itu haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun... Sayang juga sih mas, soalnya candi-candinya cakep juga.

      Delete
  2. 3 candi kecil itu baru denger saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 candinya emang kalah tenar ama Candi Prambanan mas.

      Delete
  3. Belum pernah ke candi lumbung padahal kalo candi Prambanan semua orang pasti tau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, candinya masih dalam satu komplek, tapi candi yang terkenal emang Candi Prambanan nya doang.

      Delete
  4. Saya yang orang Jogja, malah baru tau yang namanya Candi Lumbung dong :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Padahal kan deket dari Jogja tuh kak.
      Di Jogja juga banyak candi lainnya sih.

      Delete
  5. Ah, kalau masih di sekitaran candi Prambanan sampai candi Sewu sih, saya jalan kaki masih biasa. Candi lumbung dan candi bubrah nih termasuk yang terakhir direnovasi deh, kalau gak salah. Candinya kecil sih, tapi cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sepedaan juga seru lho mbak, sensasinya beda.

      Bener banget mbak, candi ini direnovasi tahun 2016-an.

      Delete
  6. Saya malah baru tau ada candi namanya candi Lumbung. Itu masuk bayar lagi gak sih mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok mas.
      Tiket masuknya udah termasuk dalam tiket ke Prambanan juga

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)