Friday, April 20, 2018

Petualangan di Kapal Pesiar: Singgah di Laoag, Ilocos Norte


Currimao di Ilocos Norte

Yo Sahabat backpacker, ketemu lagi nih ama aku, si backpacker ganteng yang unyu. Kali ini aku masih mau ngelanjutin kisah petualanganku di atas kapal pesiar Superstar Virgo yang kunikmati secara GRATIS.

Setelah selesai menikmati indahnya momen matahari terbit dari atas kapal pesiar. Aku pun kembali ke kabin dan segera bersiap-siap untuk menjelajah Ilocos Norte yang menjadi tempat persinggahan pertama kapal pesiar ini.

Namun sebelum itu sarapan dulu cuy, soalnya isi tenaga itu penting. Dan menu sarapan kami pagi ini adalah nasi goreng dan beberapa lauk seperti mie goreng, pergedel, sayur, dan banyak lagi lauk lainnya, lalu ada juga berbagai roti dan cake. Terus ada juga berbagai minuman seperti kopi, teh dan jus. Ini nih enaknya di kapal pesiar, bangun tidur, udah ada aja sarapan tersedia. Tinggal pilih mau sarapan yang mana, sepuasnya dan gratis. Nikmat banget hidup ini cuy.... nikmat.
Sarapan pagi ini
Akhirnya jam 9 pagi, kapal pesiar Superstar Virgo tiba di Pelabuhan Currimao, Ilocos Norte. Tapi karena Pelabuhan Currimao itu perairannya dangkal, jadi kapal nggak bisa merapat secara langsung. So.. penumpang di langsir pake boat kecil dari kapal pesiar ke pelabuhan secara bergantian.

Begitu pindah ke boat kecil ini, baru deh terasa ombaknya, ternyata lumayan juga. Syukurnya aku berasal dari keluarga nelayan, jadi udah biasa ama ombak ginian. Yang kasian sih orang-orang kaya itu, mukanya pucat semua, kayaknya mereka takut tenggelam dan mual.

Ntar mereka berani pulang nggak tuh ya. :D
Boat kecil yang melangsir penumpang
 Beberapa menit kemudian kami nyampe juga di pelabuhan, begitu sampe langsung deh ada cewek cakep yang manyungin kami mulai dari pintu kapal sampe pintu pelabuhan sedangkan cewek satunya langsung ngalungin sesuatu sebagai tanda selamat datang. Busyet deh... udah macem orang kaya raya aja rasanya cuy. Gilak banget.

Baru kali aku ngetrip disambut kayak gini. Padahal biasanya macam sikaleng-kalengnya aku kalo traveling, backpackeran, cari cara termurah dan pelayananan yang seadanya. Kali ini semua dilayani. Ya Allah... bersyukur kali aku bisa dapat petualangan gratis ini. Sangat bersyukur.

Ilocos Norte ini sendiri adalah sebuah provinsi yang berada di bagian utara dari negara Filipina. Kota yang terkenalnya sih adalah Laoag. Di sana katanya banyak objek wisata yang menarik, bahkan ada beberapa bangunan sejarah yang cukup terkenal dan masuk dalam warisan dunia UNESCO.

Namun ternyata lokasi Kota Laoag itu cukup jauh dari pelabuhan. Bisa sih ke sana kalo ikut trip yang disediain pihak kapal, tapi harganya itu lho, mahal banget. Penyewaaan mobil juga nggak ada di sini. Kalo pun ada, harganya luar biasa. Akhirnya kami sepakat memilih untuk keliling di sekitar pelabuhan aja. Maklum lah, yang naik kapal pesiar orang-orang backpacker.

Pelabuhan Currimao ini nggak besar sih. Bangunannya juga terlihat sederhana. Dan cuacanya luar biasa panas. Nyengat banget cuy. Kayaknya si ganteng yang unyu ini bakal belang deh kalo lama-lama berjemur di sini. Di sebelah pelabuhan ini ada spot foto berupa tulisan Currimao Ilocos Norte. Dari sini juga keliatan kapal pesiar yang berlabuh di lepas pantai.
Pelabuhan Currimao
Spot foto pake tulisan Currimao
Kapal pesiar diliat dari pelabuhan
Di sebelah pelabuhan juga ada bazar kecil yang menjual berbagai macam makanan khas Filipina seperti empanada, baglong, longganisa, itlog, bagnet dan banyak lagi yang lain. Tapi sebelum mencicipi, mending tanya dulu bahan pembuatnya apa, soalnya di Filipina itu banyak juga makanannya yang non halal.
Bazar kecil di sebelah pelabuhan
Berbagai kuliner khas Filipina
Harganya lumayan terjangkau lho
Macem kue molen, tapi isinya daging non :(

Selain kuliner lokal, di sini juga menjual berbagai pernak-pernik dan cinderamata seperti pakaian, mainan kunci, kain, topi, tempelan kulkas dan banyak lagi yang lainnya dengan bentuk dan ciri khas Filipina sehingga cocok dijadikan buah tangan.
Jual pernak-pernik juga
Dipilih-dipilih
Setelah semua kami kelilingi, akhirnya kami memilih untuk kembali ke kapal, soalnya perut juga udah mulai laper, cuacanya pun cukup panas di sini.

Di atas kapal kami memilih duduk santai nikmati cemilan sambil nikmati keindahan alam Ilocos Norte. Alamnya indah juga lho cuy, lautnya biru, daratannya pun dipagari pegunungan hijau. Di kejauhan juga terlihat beberapa pulau kecil. Dan uniknya, di laut yang luas ini, nggak terlihat satu pun kapal nelayan, kayaknya melaut bukan mata pencaharian utama penduduknya di sini.
Duduk nyantai di atas kapal
Inilah lautan di Ilocos Norte
Indahnya alam Ilocos Norte
Oh iya, nih ada video juga tentang Ilocos Norte kalo mau nonton.

Ah...Ilocos Norte, sayang aku nggak bisa menjelajahinya sepuasnya. 
Siganteng yang unyu di Ilocos Norte

39 comments:

  1. Pengalaman sesuatoooh yaa ... dikalungin bunga sama cewek cakep 😁,backpacker cucok niih .. hehehe

    Asiik ya, bisa kesampaian travelling ke Filipina..
    Kulinernya kayaknya enak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha... iya dong mas, jadi pengalaman nggak terlupakan itu mas. Apalagi ceweknya cakep banget. 😄

      Iya sih mas, kayaknya enak.
      Tapi kebanyakan non halal, jadi harus hati-hati mas.

      Delete
  2. wih gimana ya rasanya naik kapal pesiar.. belum pernah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya seru banget.
      Cobain deh, nggak bakal nyesel. 😄

      Delete
  3. Aku amat sangat tergoda sama menu sarapan paginya. Jadi laper serius, Mas..hehe
    Untuk kulineran disitu harus hati-hati ya, Mas. Takutnya dapet yang nggak halal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa... masih banyak lauk yang lain tuh mas, cuma nggak ku foto.

      Kalo di kapal, kulinernya aman sih mas, karena yang halal dan non halalnya di pisah dan diberi tulisan.

      Delete
  4. waah masih berlanjut ternyata. lama gak ngikutin wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lanjut terus mas.
      Kemarin emang sempat vakum, laptop rusak soalnya.

      Sekarang aja ngetiknya di hp mas.

      Delete
  5. Waa... Serunyaa...! Full service! Asoy Man!
    Kenapa aku sangat amat tertarik sama kuliner yang ada di sana ya.. kayaknya enak enak.

    Sayangnya kalo mau lebih eksplor harus bayar mahal.. huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kulinernya enak-enak. Harus nyobain deh.

      Iya mbak, kalo bayar, mahal banget, kantong backpacker mah nggak kuat.

      Delete
  6. keceeee, super banget deh, sudah naik kapal pesiar, gratis pulak, mupeeeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa... hayuk cobain ikutan naik mbak, biar nggak mupeng.

      Delete
  7. wah itu molen isi daging bisa dijadikan ide bisnis tuh, haha, ganti aja sama ayam atau sapi, kwkw...

    panas banget itu yakk, perginya siang2 gini, oalhhhh yang ganteng unyu jadi belang dipanggang matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba juga tuh mas.
      Mungkin aja enak.

      Panas banget mas, sampe bikin kulit belang, syukurnya masih tetap ganteng dan unyu. 😄

      Delete
  8. Pelabuhan Currimao itu perairannya dangkal, kasihan amat ya? Harus naik perahu speed boot lagi. Untung saja bisa berkuliner sehingga perut kenyang deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kapal pesiarnya nggak bisa berlabuh langsung di pelabuhannya.

      Iya mas, ada banyak kuliner nikmat mas.

      Delete
  9. Gak jauh beda dengan indonesia ya dari segi pernak perniknya dan tulisan pelabuhan Currimao itu bagus bangat untuk di abadikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Filipina emang rada-rada mirip ama Indonesia sih mas.
      Bahkan perawakan penduduknya juga.

      Delete
  10. Seru yaa bisa sampe Filipina, jadi pingin ngerasain kapal pesiar. Tapi ... ntar deh nunggu celengan tanah liat nya penuh dulu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat nabungnya mas.
      Biar bisa nyobain kapal pesiar.

      Delete
  11. sudah lama pengen naik kapal pesiar, seru bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali mbak harus cobain dong, seru banget soalnya.

      Delete
  12. Sarapannya..kayaknya menunya masih menu indonesia ya mas.

    Kuliner khasnya, juga masih ada kemiripan dengan indonesia

    ReplyDelete
  13. Saya paling suka spot foto berupa tulisan daerah tersebut, seperti tulisan Currimao, itu spot wajib buat foto sebagai bukti kalau pernah ke sini hehe..

    Saya mencoba membayangkan ekspresi Si Backpacker yang ngakunya ganteng dan unyu ini, ketika disambut cewek cantik dan dikalungi bunga : Terbelalak, menunduk malu atau cengar-cengir yaa?? Wkwkwk..

    Sukses ngetripnya yaa, saya iriii.. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sampe antri pun foto di tulisan itu.

      Wah... kayaknya ekspresinya itu campur aduk, antara malu-malu tapi mau. 😄

      Delete
  14. Tak kiraenu sarapannya bakal dijamu sama menu menu khas daerah Filipina mas, ternyata masih makan nasi goreng, telur dan kawan - kawannya.

    Seneng banget nih pasti, dapet wanita payung cantik XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak menu yang lainnya juga sih mas.
      Tapi nyesuain perut juga mas.

      Seneng banget dong mas, kapan lagi kan bisa dipayungi cewek cantik. 😄

      Delete
  15. seru banget ini. Aku juga mau naik kapal gratis terus disambut seperti itu. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk semangat mbak.
      Biar lain kali dapat kesempatan naik kapal gratis dan disambut juga.

      Delete
  16. Jadi pengeeeen kesana juga...
    Kapan ya kira2 :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk secepatnya.
      kalo kelamaan ntar malah lupa.

      Delete
  17. Waduuuu sedep bgt bisa nyangsang ke luar negeri mas rudi
    Diriku mah blom bisa ey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, dikasi kesempatan ke luar negeri.

      semoga ntar mbak juga kesampean ya. amin...

      Delete
  18. Wkwkwkwk, sikaleng-kaleng... Udh lama kali ga kudenger kata itu :p. Jd kangen medan kan :D

    Agak susah memang cari yg halal makanan di phillipine. Akupun pas kesana ga berani beli snacks di pinggir jalan, krn pasti ada babinya. Makan di resto aja jg ada babi, tp ya terpaksa, kita pilih yg ayam. Walopun mungkin minyaknya babi :p. Yg ptg ayam dulu. Yg lainnya ga usah diksh tau :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulang ke Medan lha mbak kalo kangen. :D

      iya mbak, bener banget tuh, yang penting dagingnya ayam atau sapi, yang lainnya mah nggak usah ditanyain aja. :D

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)