Rabu, 06 April 2022

Sekanak Sidewalk, Anak Sungai Musi yang Cantik di Kota Palembang

Sekanak Sidewalk, Palembang
Sekanak Sidewalk

S

etelah menikmati seporsi Mie Celor yang nikmat sebagai menu makan siang, aku kembali melanjutkan petualangan di Bumi Sriwijaya. Tujuanku selanjutnya adalah Alun-Alun Benteng Kuto Besar yang terletak tidak jauh dari tempat mie celor dijual.

Baca juga: Mie Celor, Santapan Siang yang Lezat di Palembang

Karena letaknya yang tak bergitu jauh, aku memutuskan untuk berjalan kaki saja, sembari menikmati keramaian dan panasnya Kota Palembang. Dari Mie Celor 26 Ilir, aku mengambil jalan melalui Jalan Mujahidin yang terkenal sebagai sentranya Pempek Palembang. Aku terus berjalan hingga keluar di Jalan Merdeka, dari sana aku malah tertarik melihat Sekanak Sidewalk.

Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk adalah jalur pedestrian yang dibangun di sisi Sungai Sekanak, salah satu anak Sungai Musi. Kawasan ini dibangun saat persiapan Asian Games 2018 yang lalu. Konsepnya sendiri mirip dengan kampung warna-warni yang ada di Kota Malang.

Jadi di sisi sungainya dibangun trotoar yang cukup luas, lalu disekitarnya juga dihiasi cat dengan warna-warna cantik dan mencolok. Di beberapa bagian tembok juga terdapat mural-mural keren. Sedangkan di beberapa bagian lainnya terlihat seperti corak kain songket khas Palembang.

Kondisi Sekanak Sidewalk ini juga cukup bersih, setiap beberapa meter terdapat tong sampah, di ujung sungainya juga ada jaring untuk menahan sampah-sampah yang terbawa aliran sungai. Selain itu, juga ada jembatan penyebrangan serta lampu-lampu taman yang jika malam pasti terlihat cantik. Tapi anehnya, suasana Sekanak Sidewalk ini sepi banget. Sepertinya tempat ini belum bisa menjadi primadona pariwisata masyarakat Palembang. 

Sekanak Sidewalk, Palembang
Jembatan penyebrangan
Sekanak Sidewalk, Palembang
Tempatnya bersih dan menarik

Alamat Sekanak Sidewalk

Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Harga Tiket Masuk

Gratis

Sekanak Sidewalk, Palembang
Siganteng yang unyu di Sekanak Sidewalk

22 komentar:

  1. Sekanak Sidewalk. Nama tempatnya sntik, alamnya bagus. Terima kasih telah berbagi ananda Rudi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung Ibu 🙏

      Hapus
  2. Benar juga ya, padahal tempatnya cantik dan penuh warna-warni yang menakjubkan, kok bisa sepi.

    Apa mungkin pengelola nya kurang promosi ataukah karena lagi pandemi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi juga sih, tapi bisa jadi karena lebih banyak tempat menarik lainnya.

      Hapus
  3. keren banget ada yang pake corak kain songket sana ya mas rudi..pastinya memang jadi khas dan gampang dikenali nih...bersih juga airnya meski kelihatannya cokelat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren dong mbak, dan khas banget.
      Kayaknya emang ada yang bersihin jadi bersih sungainya

      Hapus
  4. sidewalknya bersih ya cakep pula nampaknya. seperti biasa di akhir postingan ada easter egg nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Itu kejutan di akhir cerita. 🤭

      Hapus
  5. Weeeh postingannya Palembang semua..
    Sedang di sana yaa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin iya Mas, sekarang udah di rumah lagi.

      Hapus
  6. Suka deh kalo pinggiran sungai di kota2 Indonesia skr dipercantik gini. Di tangerang dan jakartapun pinggiran sungainya udh mulai dirapihin, walopun yg di kota tua udh mulai kusam. Tapi pengennya orang2 masih bisa utk jaga kebersihannya. Kan kita juga yg bangga kalo sungai di sini bersih, at least suatu saat nanti bisa kayak Jepang dan Korea 😁, yg sisi sungainya malah utk tempat duduk2 santai . Sungainya dipenuhi ikan dan bebek. Betah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh mbak, sensasi duduk di pinggir sungai yang bersih dengan pemandangan keren, beuhhh... Mantap loh rasanya.

      Hapus
  7. bakal jadi pengalaman yg berharga bareng keluarga kalo dateng ke sana ya, keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, boleh juga tuh idenya berwisata bareng keluarga.

      Hapus
  8. Itu dikelola sedemikian rupa sehingga cantik ya. Menarik untuk dikunjungi. Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, sayangnya masih sepi dari pengunjung.

      Hapus
  9. bersih banget sungainya, seneng liatnya. Kalau kayak gini diharapkan warganya juga segan kalau mau buang sampah sembarangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, yang paling utamanya itu emang kesadaran masyarakatnya.

      Hapus
  10. Suka deh liat warna warni begitu di pinggiran sungainya... Dan gak terlalu ramai sama pengunjung (eh, ini segi positif apa negatif ya? .... hahahahha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Ya nggak tau juga sih Mbak, tapi emang sepi dari pengunjung.

      Hapus
  11. Terima kasih mas rudi sdh mempromosikan sungai sekanak
    ..sy sbg orang palembang turut bangga...smg masyarakat yg ada di sekitar sungai sekanak tetap menjaga sungai sekanak tetap bersih...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas, terima kasih juga sudah mampir. 🙏

      Aamiin... Semoga tetap bersih dan nyaman buat dikunjungi.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)