Senin, 28 Agustus 2017

Petualangan di Jakarta: Monas (Monumen Nasional)



Monumen Nasional

Yah, akhirnya aku selesai juga menjelajahi beberapa bagian Museum Nasional ini. Meskipun pada akhirnya aku tak bisa menjelajahi keseluruhan sudut museumnya karena sedang direnovasi. Bahkan aku juga nggak bisa ketemu ama si gajah berbelalai satu yang merupakan ikon museum ini. Agak kecewa sih, tapi mau gimana lagi kan cuy. Hanya bisa berharap di lain waktu aku bisa jelajahi museumnya secara keseluruhan dan bisa melihat patung gajah berbelalai satu itu.

Selain itu aku juga udah cukup senang karena akhirnya aku bisa melihat langsung fosil manusia purba dan batu prasasti yang selama bertahun-tahun ini hanya kulihat dari gambar di buku dan internet doang. Tapi hari ini aku bisa melihatnya langsung secara dekat. Aih... berkesan banget.

Setelah itu aku pun beranjak untuk melanjutkan petualangan di Jakarta menuju Tugu Monumen Nasional alias Monas, ikonnya Kota Jakarta. Tapi sayangnya pagar Monas di depan Halte Monas malah ditutup dan setelah aku bertanya pada petugas transjakarta, katanya cara masuk ke Monas ada dua gerbang yang pertama belok ke kiri dan yang kedua belok ke kanan dan jaraknya sama-sama jauh.

Damn! Akhirnya di tengah cuaca Kota Jakarta yang panas itu aku jalan kaki deh menelusuri trotoar menuju pintu gerbangnya. Nggak abis pikir juga sih, kenapa namanya Halte Monas tapi gerbang depan Monasnya malah ditutup. Mending ganti jadi halte Museum Nasional woy. Lebih cocok tuh.

#EmosiKarenaPanas

Setelah bermenit-menit berjalan sambil membawa backpack dan setelah beberapa kilogram berat badanku ilang, akhirnya nyampe juga di depan pintu gerbangnya. Dan anjrit, dari gerbangnya menuju Tugu Monas pun jauh banget.

 Huah.. semangat.
Monas masih jauh
Sejarah Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang lebih akrab disebut Monas ini mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 diarsiteki Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono dengan rancang bangunnya berkonsep Lingga dan Yoni. Tugu Obelisk yang menjulang tinggi melambangkan Lingga yang berarti laki-laki sementara pelataran cawan adalah Yoni yang melambangkan perempuan.

Tinggi Monas sendiri adalah 132 meter dan dipuncaknya terdapat cawan yang menopang nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kilogram dan pada perayaan 50 tahun kemerdekaan, lembaran emasnya dilapis ulang hingga mencapai 50 kilogram. 

Gilaaa... dibeliin lepat dapat berapa bijik tuh.

Penjelajahan di Monas

Untuk masuk ke Monas dan naik ke puncaknya sebenarnya nggak seberapa sih harga tiketnya. Tapi yang bikin keselnya, aku harus beli kartu Jakarta One sebagai tiket masuk. Kartunya juga bisa dipake untuk masuk ke museum di Kota Tua dan Museum Nasional yang sialnya pagi tadi malah udah ku kunjungi duluan. Akhinya nih kartu cuma ku pake di Monas doang, soalnya besok juga udah nggak di Jakarta.

Setelah membeli tiket, aku pun beranjak ke museum di bawah tugu Monas yang dihubungkan terowongan. Museum ini bernama Museum Sejarah Nasional yang berada di kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah. Di dalamnya terdapat berbagai diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa prasejarah hingga masa orde baru.
Museum Sejarah Nasional
Kemudian aku beranjak menuju pelataran puncak. Namun antriannya itu lho, panjang banget, padahal aku ke sini bukan hari libur. Hingga akhirnya aku ngantri selama 2 jam baru bisa naik lift ke puncak pelataran Monas. Aih... rasanya badan pegal-pegal ngantri selama itu.

Tapi nggak apa-apa deh, soalnya begitu nyampe di atas, aku bisa memandangi Kota Jakarta dari ketinggian 115 meter. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah gedung-gedung pencakar langit yang memenuhi sudut-sudut Jakarta. Di salah satu sisinya aku juga melihat Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara. Kayaknya abis ini nanti bakal ke sana deh. 
Pelataran Puncak Monas
Pemandangan Jakarta dari puncak Monas
Masjid Istiqlal dari Puncak Monas
Sekitar 10 menit kemudian seluruh sisi pelataran puncak Monas ini udah ku jelajahi, dan aku pun memilih turun, karena pemandangan Jakartanya juga agak tertutup polusi sih. Rasanya agak nggak sebanding dengan ngantrinya yang selama 2 jam tapi di atas Cuma 10 menit. Tapi bisa lha, soalnya emang udah wajib ke Monas kalo ke Jakarta.

Selesai dari puncak Monas, aku kemudian turun ke pelataran cawan dan duduk nyantai di sana. Tapi  nggak lama sih, soalnya di satu sudut ada pasangan yang lagi duduk mesra-mesraan. Sialan nih pasangan, bikin iri aja uy, mana mereka nyante banget lagi. padahal nih pelataran lumayan asyik untuk nyantai, karena bisa memandangan luas kota Jakarta dan tempatnya juga luas.
Pelataran cawan Monas
Tugu Monas
 Akhirnya aku milih turun ke Ruang Kemerdekaan yang berada di bagian dalam cawan monumen. Di ruangan ini terdapat lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila, kemudian naskah proklamasi dan peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlapis emas.
Garuda Pancasila di Ruang Kemerdekaan

Selesai menjelajah setiap sisi Monumen Nasional ini, aku pun kemudian melanjutkan perjalanan dan tujuan selanjutnya adalah Masjid Istiqlal, masjid yang tadi ku lihat dari Puncak Monas dan masjid yang katanya terbesar di Asia Tenggara. Lets go..
Si ganteng yang unyu berfoto dengan latar Monas
Kosakata:
Lepat: Makanan dari pisang, ubi, atau tepung yang dibungkus daun pisang dan dikukus.

45 komentar:

  1. Aku naik ke atas monas aja blm prnh mas :p. Yg bikin malunya, trakhir ke monas itu jg krn temen kuliah dr malaysia datang ke jkt, dan ngajakin liat monas. Sayangnya pas kesana udh tutup. Jiaaahh aku bneran ga tau monas pake jam buka tutup :p. Ga rezekilah jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah... parah mbak. 😁
      Kalo nggak salah mulai buka dari jam 8 pagi sampe 9 malam sih mbak.

      Hapus
  2. Aku betah duduk berlama-lama di atas rumput monas sambil liatin kereta wara-wiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik juga tuh mas, ngadem nyantai di rerumputannya.

      Hapus
  3. Aku terakhir ke Monas pas SMP buahahahha
    pengen ke sana lagi.

    BalasHapus
  4. Yaampun jd kangen halte monas, dulu pas masi kerja di jskpus pesti aku mandegnya shelter itu tu mas, dan iyak emang masuk ke dalemnya juauuuuuuuh bgt hahaaa
    Naik kereta yg nganter ke tugunya sih klo ada

    Hmmm pengalamanku naek sampe puncak monas sebenernya rada ngenes. Ya masa nungguin liftnya mpe 2 jam ada mas, cz waktu itu pas libur panjang, antrian mngular. Sampe atas ternyata spotnya dikit huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang jauh banget mbak.
      Pengen naik keretanya juga sih, tapi aku salah masuk gerbang, jadi nggak ada keretanya. 😢

      Bener banget tuh mbak, 2 jam antri biar naik ke atas, pas di atas cuma 10 menit doang udah abis spotnya.

      Hapus
  5. Aku ke monas pas masih SMP..itu juga acara piknikan bareng sekolahan. Jaman bahula banget😀😀

    Butuh jalan2 ke ibukota juga saya kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih... lama amat mbak.
      Kayaknya mbak emang butuh jalan-jalan kr ibukota lagi. 😂

      Hapus
  6. Lain kali bawa pasangan lah mas, biar bikin iri jomblo2 ngenes lain wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... pengennya sih gitu mas, tapi ntar kasian yang jomblo jadi iri. 😂

      Hapus
  7. sudah lama saya tak ke monas
    terakhir sd klo gak salah, tahun 90an
    saya selalu suka dengan diorama perjuangan kemerdekaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih... udah lama banget tuh mas. Saya aja baru lahir tuh tahun segitu. 😂

      Hapus
  8. Saya ke Monas 4 tahun lalu, pasti sekarang sudah banyak berubah apalagi kemaren sudh dibersihkan. jadi tambah kinclong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya donk mas
      Apalagi kemarin kan ada acara hitung mundur asian games.
      Jadi pasti makin kinclong.

      Hapus
  9. Wah selamat Mas, sah sudah ke pusat Ring 1 Jakarta dengan menjejakkan kaki di puncak Monas. Saya jadi ingin ke puncak Monas lagi, seumur-umur baru sekali saya ke sana, hehe. Semoga bisa balik lagi ke Museum Nasional dan menjumpai si Gajah Siam. Memang, renovasi itu bagi saya menjadikan Museum Nasional kurang 'greget' karena nyawa museum itu justru ada di Gedung A, tapi tak apalah, demi spektakulernya museum yang paling tersohor di negeri ini, setahun bukan waktu yang lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas 😊
      Iya mas, kalo ke Jakarta lagi emang pengen ke Museum Nasional, kemarin itu nggak puas karena belum jelajah semua dan belum ketemu si gajah.

      Hapus
  10. Saya tinggal di Jakarta, tapi baru ke Monas beberapa kali saja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak lha mbak, bisa berkali-kali.
      Sama mah cuma sekali doang.

      Hapus
  11. asli sepanjang karir hidup di dunia, belum pernah masuk Monas. boro-boro masuk, foto dengan begron monas juga belum pernah hhhh

    BalasHapus
  12. Iya ya, sekarang kebanyakan kudu pakai kartu gitu kalau masuk ke tempat wisata. Kebun Binatang Ragunan juga tuh. :D

    Coba naiknya pas malem-malem, mantep banget deh anginnya, Mas. Bisa bikin masuk angin kalo nggak pakai jaket. Wahaha. Jadi inget Oktober 2016 habis naik ke atasnya. Ya, setelah sekian lama nggak pernah naik lagi. Pertama kali naik dulu kalau nggak salah pas masih balita gitu, itu pun tau karena diceritain orang tua. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh mas.
      Semuanya pake kartu.

      Kemarin pengen sih mas malam-malam gitu.
      Tapi karena mau nyari alamat temen buat nginap nggak bisa deh malam-malam.

      Hapus
  13. aku udah beberapa kali baca artikel tntang monas, tapi sampe saat ini belum ada keterpaksaan buat ngunjungin hehe

    BalasHapus
  14. kalo ke jkt kayaknya emang wajib ya ke monas hahaha. belum pernah ke jkt, apalagi monasnya :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh mas.
      Ke Jakarta tuh wajib ke Monas.
      Semoga nanti bisa ke Jakarta ya mas.

      Hapus
  15. AAAAAAAAKKK kemaren nonton opening Countdown Sea Games di situ
    Ada artis korea favoritku ahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... seru banget tuh mas.
      Saya liatnya dari berita di tv doank.

      Hapus
  16. aku baru sekali keliling monas sampai ke dalam, lalu keliling beneran karena pintu samping gambir ditutup :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... pintunya jarang dibuka semua emang, jadinya muter-muter deh di luar nyari pintunya.

      Hapus
  17. Saya malah baru sekali ajak anak-anak main ke Monas. Itu pun karena ada pameran Alutsista. Padahal waktu maish kecil, saya sering banget ke Monas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mah masih satu kali doang.
      Monasnya jauh dari Medan sih. Hahaha...

      Hapus
  18. Seumur2 aku belum pernah ke monas loh, huhuhu. Makasih nih lihat postingannya jadi pingin ke sana. Semoga, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti bisa kesampean ke Monas ya mbak :)

      Hapus
  19. Gw malah udah lupa gimana rasanya naik ke monas, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama banget ya mas pengalaman ke Monasnya?

      Hapus
  20. duh jadi kangen monas :)
    kangen jakartanya juga
    hehe mantan penduduk jakarta baper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      sesekali coba mudik ke Jakarta atuh mbak.
      biar kagak baper. :D

      Hapus
  21. Aku belum pernah ke Monas sih, luas juga iya ternyata ruangan di dalam monasnya,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luas banget sih mas.
      cuma lift untuk naik ke atasnya aja sih yang kecil.

      Hapus
  22. Dari dulu pngen ke monas belom pernah kesampean juga hehe
    ,tempatnya luas ya ternyata


    Salam kenal
    Www yukgas id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti kesampean ya mas.

      Salam kenal kembali :)

      Hapus
  23. The home edge is 5.26%, that means for each $100 that you just guess, you'll be able to|you 메리트카지노 possibly can} expect to get $94.seventy four again. American Roulette is the commonest model of the sport in U.S. online casinos. To place a guess in an online roulette game, first click the denomination chip you’d prefer to danger, then navigate to the desk to pick out} your required guess. When you’re ready, click the “spin” button and the dealer will spin the ball across the wheel. After the ball drops into a slot, you will either be paid for any profitable bets, or have your guess collected if you miss.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)