Thursday, May 1, 2014

Museum Deli Serdang di Lubuk Pakam

Museum Deli Serdang

Museum Deli Serdang terletak di sekitar kompleks perkantoran pemerintah Deli Serdang, Kelurahan Desa Jati Sari, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara,
Tidak sulit untuk mencarinya, karena di pinggir jalan sekitar kompleks perkantoran pemerintah tersebut terdapat pamflet informasi yang menunjukkan arah sebuah museum Deli Serdang.
Museum Deli Serdang biasanya hanya ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah apabila ada peringatan hari-hari nasional setelah mereka mengikuti upacara di lapangan Deli Serdang yang terletak tidak jauh dari museum tersebut.
Sebagian Koleksi Museum Deli Serdang
 Padahal museum yang berstatus sebagai Unit Pelaksana Teknis Seni dan Budaya ini memiliki koleksi yang cukup beragam, mulai dari pakaian adat Melayu, Karo, Simalungun, Toba, Jawa dan Nias, peralatan musik dari berbagai suku yang ada di Sumatera Utara serta peralatan hidup suku-suku tersebut. Selain itu, di museum ini juga menyimpan koleksi foto-foto tua kerajaan Deli serdang, lukisan dari pertempuran Medan Area dan koleksi mata uang kuno dan beragam benda koleksi lainnya. 
Sepeda Tua
Di Dalam museum ini juga terdapat berbagai peninggalan yang berhubungan dengan kesenian Tari Serampang Dua Belas dan penciptanya.
Prasasti peresmian museum

Alamat :  kompleks perkantoran pemerintah Deli Serdang, Kelurahan Desa Jati Sari, Kecamatan Lubuk Pakam
Tiket Masuk : Gratis

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan sopan :)